#XadJava hari ke-10 : Pagoda Avalokitesvara & Vihara Buddhagaya Watugong

Gak ada pemandu yang bisa ditanya disini. Ga ada tarif masuk juga. Jadi pengunjung bebas jalan-jalan di area ini. Semoga selalu menjaga kebersihan ya..

 

Dari berbagai sumber berikut data-data tentang tempat ini :

  • Kompleks Vihara Buddhagaya Watugong yang mempunyai luas 2,25 hektar ini terdiri dari 5 bangunan utama dengan 2 bangunan utama, yaitu Pagoda Avalokitesvara dan Vihara Dhammasala yang dibangun pada tahun 1955. Selain itu, dalam kompleks Vihara Buddhagaya Watugong terdapat pula Monumen Watugong, patung Dewi Kwan Im, patung Buddha di bawah pohon Bodhi yang terletak di pelataran vihara, patung Buddha tidur berwarna coklat dengan pakaian dan tubuh berwarna emas di sebelah kiri pagoda, serta kolam teratai di sekitar pagoda. Pohon Bodhi (Ficus Religiosa) yang ada di pelataran Vihara Buddhagaya ini ditanam oleh Bhante Naradha Mahathera pada tahun 1955.

 

  • Pagoda Avalokitesvara yang berukuran 15 x 15 meter dan berbentuk segi delapan ini terdapat patung Dewi Kwan Im berukuran 5,1 meter, serta patung Panglima We Do di sisinya. Di tingkat kedua hingga keenam, ada patung Dewi Kwan Im yang menghadap ke empat penjuru mata angin. Ini dimaksudkan supaya sang dewi dapat memancarkan welas asih ke empat penjuru. Sedangkan di bagian puncak pagoda terdapat patung Amitabha, yaitu guru besar para dewa dan manusia. Di puncak ini juga terdapat stupa untuk menyimpan relik, yaitu mutiara Buddha. Namun, Anda tidak dapat ke puncak pagoda, karena di pagoda ini tidak disediakan tangga untuk mengakses puncaknya. Total patung yang ada di Pagoda Avalokitesvara berjumlah 30 buah.

 

udah sih kayaknya info diatas dicopy paste aja di berbagai blog, seperti halnya gw ni…

* generasi copy paste hahaha

Yeah yang penting sikap kita menghargai tempat ibadah agama apapun. Juga tau nilai-nilai agama orang lain yang selalu perlu dijaga..


gak kelar-kelar gw foto-fotoin pagodanya hahaha karna merasa takjub ada pagoda di Indonesia!

Wisata Semarang lainnya yang kami kunjungi adalah Lawang Sewu, Sam Poo Kong dan Kota Lama Semarang

 

Iklan

3 pemikiran pada “#XadJava hari ke-10 : Pagoda Avalokitesvara & Vihara Buddhagaya Watugong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s