#XadJava hari ke-8 : Keraton Surakarta

Keraton Surakarta HadiningratĀ adalah istana resmi Kasunanan Surakarta yang terletak di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Keraton ini didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II pada tahun 1744 sebagai pengganti Istana/Keraton Kartasura yang porak-poranda akibat Geger Pecinan1743.( wikipedia )

 

 

Yang keinget dari pemandu keraton yang diucap berulang2 cuma :
Paku Buwono X adalah raja yang paling sakti, paling kaya, paling jaya. Istrinya 41. Anaknya 100an ( ini gw malah ga nyimak pas bagian jumlah anak šŸ˜ )

 

Detail-detail inisial PBX ini menyebar banyak di kota Solo

Tambahan dari pemandu yang di Ulen Sentalu, PB X juga orang pertama di Asia Tenggara yang punya mobil bermerk Benz.

 

 

Keraton Solo memang luas. Tapi nampak tak sekece di bayangan gw sih. Hehe. Padahal menurut wikipedia :Ā Dari segi bangunannya, keraton ini merupakan contoh arsitektur istana Jawa tradisional yangĀ terbaik.Ā Keraton (Istana) Surakarta merupakan salah satu bangunan yang eksotis di zamannya. Salah satu arsitek istana ini adalah Pangeran Mangkubumi (kelak bergelar Sultan Hamengkubuwana I) yang juga menjadi arsitek utama Keraton Yogyakarta. Oleh karena itu tidaklah mengherankan jika pola dasar tata ruang kedua keraton tersebut (Yogyakarta dan Surakarta) banyak memiliki persamaan umum.

 

Iya betul pendopo-pendoponya masih bagus. Menara tempat pertemuan dengan Ratu Kidul juga menarik. Hanya saja terasa ga maksimal dengan segala potensi yang ada.

Di sisi barat daya Bangsal Marcukundha terdapat sebuah menara bersegi delapan yang disebut dengan Panggung Sangga Buwana. Menara yang memiliki tinggi sekitar tiga puluhan meter ini sebenarnya terletak di dua halaman sekaligus, halaman Sri Manganti dan halaman Kedaton. Namun pintu utamanya terletak di halaman Kedaton. ( wikipedia )

Yaudalah mungkin juga gw kelewat ekspektasi aja šŸ˜œ

Mungkin juga ada pengaruh dari ketidakharmonisan para penghuni keraton yang ga kelar? Ga tau juga. Karena kalo googling tentang Keraton Surakarta yang duluan muncul adalah berita-berita konflik internal. Sedih ya.

Apapun itu semoga konflik internal segera teratasi sehingga area keraton lebih tertata dan rapih. Biar gimana rumah yang rapi dan nyaman tercipta dari keluarga yang harmonis kan?

 

Tetap menyenangkan dan berkesan kok wisata ke Keraton Surakarta. Beruntung malah sempet ngajakin Aikia kesini sejak dini.

Wisata Solo lainnya yang kami datangi adalah Resto Rumahkoe Heritage, Pura Mangkunegaran, Pasar Triwindu dan Museum Batik Danar hadi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s