Kerja Bawa Anak..

Waktu kecil saya gak pernah diajak ke tempat kerja sama ( alm ) bokap. Paling sesekali diajak, udah gitu disuruh buru-buru pulang. Mungkin karna beliau seorang tentara yang menurut saya sampai saat ini tu, Tentara dan Keluarga memang ga match. Tentara dilahirkan di bumi ini untuk negara, bukan untuk keluarga. Keluarga adalah pelengkap dan pendukung kariernya agar selalu siap mengabdi kepada negara. Itu definisi saya tentang seorang ayah berprofesi tentara. Gak tau ya kalo anak tentara yang lain hehe..

 

Saya seorang event producer, terkadang nyambi jadi arsitek dengan hobby melukis yang sesekali ikut pameran. Suami saya seorang talent manager, menangani 9 artis sejak 2010. Kami berdua bekerja dari rumah, ga punya kantor. Maka setiap hari anak-anak sudah melihat dan mendengar secara langsung pekerjaan-pekerjaan orang tuanya. Anak sering bertanya tentang apapun mengenai pekerjaan kami. Bisa jadi terganggu, tapi anggap itu bagian dari proses belajar mengajar saya dan dia.

Malah saya suka iri sama dia, enak ya kamu bisa deket sama bapak ibunya kerja, gak kayak saya dulu.. disuruh-suruh pulang cepet haha

 

Saat menggelar sebuah acara, anak-anak kami persiapkan untuk ikutan sejak awal sampai acara selesai. Awal-awal memang rempong sih, tapi yaudalah daripada pada di rumah, malah kepikiran muluk. Jadi bawa aja semuanya lengkap dengan para pasukan ( mbak dan supir hehe )
Dan karna saya ibu ASI, juga malah merasa ribet tiap 2 jam sekali harus mompa ASI, trus minta tolong ojek anter ke rumah. Yaudah aja mending bayinya dibawa aja kan. Malah sekarang harus selalu siapin ruang ibu-anak untuk pengunjung acara yang juga butuh. 

Meskipun ada aja tim atau orang lain yang ga terbiasa bekerja dekat anak-anak, saya selalu nge-brief anak saya dan mbaknya untuk selalu jaga sikap di area kerja. 

Kejadian-kejadian gak enak juga sering terjadi sih. Dinyinyirin klien, trus anak yang kelewat kepo sampe masuk-masuk ke dalam gedung pas show berlangsung, ada lagi sibebih yang ga mau mau tidur alias ga ngantuk-ngantuk padahal udah jam 11 malem, dll dsb. 

Yang pasti tips untuk kerja bawa anak tu antara lain:

– ngebrief detail ke anak, asisten rumah tangga dan supir tentang pekerjaannya. The do’s and the dont’s nya disampein jauh-jauh hari. Plan B juga disampein in case of emergency.

– bawa semua perlengkapan makan minum untuk anak ( blender, lauk-pauk, minuman-makanan kesukaan dll dsb )  biar ga repot di lokasi acara. 

– bawa banyak mainan dan perlengkapan tidur, mending berlebihan deh daripada kekurangan hehehe

– hp harus stand by terus. Pulsa dan batre mah udah harus penuh. Atau pernah juga di Teater Jakarta yang susah sinyal, si mbak tak kasih HT hanya khusus terhubung sama saya ( bahkan saya malah ga pake HT yang barengan sama tim 😄 )

– pas acara berlangsung, si kakak Aikia biasanya sama bapaknya, sibebih sama saya atau mbak & supir. Bolak balik aja sering-sering hehe

– jika memerlukan hotel setelah acara, book dulu sebelumnya

Memang jujur lebih repot, hal diatas pun memungkinkan dikerjakan santai dan rileks jika memang talent & tim nya juga kooperatif. Beruntung saya punya talent sangat amat baik dan tim yang hebat juga pengertian. Kalo misal ada klien komplain mah, diemin aja deh  😂 

Message yang ingin disampein bukan betapa serunya kerjaan ibu bapaknya, bukan apa pekerjaannya dan dimana dia bekerja, tapi biar anak-anak kelak bekerja sesuai minat, dengan integritas, selalu berpikir kreatif, tekun, bangun teamwork yang baik, totalitas dan yang paling penting adalah bekerja dengan hati. 

Keluarga tetap yang utama, dan kita kerja selalu untuk keluarga, kita kerja selalu untuk orang lain, bukan untuk diri sendiri. Jangan pernah menyerah. Jangan brenti berkarya. Apapun yang kita lakukan dengan baik dan benar, pencapaian-pencapaian akan mudah dilampaui. Dan yang pasti, money will follow hehe..

 

*untuk Aikia dan Artedia…

Foto-foto oleh 

– Pio Kharisma @piokharisma

– Muhammad Asranur @cantsaynotohope

– Luddy Kausar @luddykausar

– Pribadi
(SUC-6D) Ernest Prakasa 5th - Setengah Jalan JKT - 13052017 - 007.jpg

IMG_2411-resized.jpg

IMG_2430-resized.jpg

IMG_2452-resized.jpg

IMG_2457-resized.jpg

IMG_2491-resized.jpg

IMG_4531-resized.jpg

DSC07534.JPG

DSC07303.JPG

 

 

 

 


2 pemikiran pada “Kerja Bawa Anak..

Tinggalkan Balasan

