Tips Jalan-jalan untuk ibu hamil [ 8/12 ] : Siapkan kostum yang menyenangkan

Blog sebelumnya saya sempat berbagi pengalaman (penting) yaitu : Siapkan alat komunikasi dan gadget yang memudahkan

Kali ini yang paling saya suka : Kostum!

yeay.

#ootd adalah hari-hari saya selama liburan.

Seru sendiri rasanya mikirin mo pake baju apa di tiap harinya hahah!

Juga pas nungguin anak dan suami main di wahana, kerjaan saya ya foto-foto ootd aja sendiri, termasuk selfie-selfie hehe. Maka penting sekali buat saya pribadi menyusun kostum setiap harinya untuk saya, anak dan suami.

 

Meskipun kostum itu pilihan personal banget, tapi penting diperhatikan adalah tujuan wisata, cuaca, trend di kota tujuan ( kalo saya sih menghindari saltum deh di kota tsb. Selama jadi bumil emang maen “aman” ).

Saya berbagi pengalaman sendiri aja ya.

Tokyo, September 2013. 

Kehamilan ( Almh ) Alinea, kami sekeluarga jalan-jalan ke Tokyo 10 hari, saat itu usia kehamilan 4 bulan, dan bulan September 2013. Disana baru aja kelar summer dan akan menjelang autumn.

Jaket tipis / kardigan, syal, stocking tipis dan sneakers jadi andalan setiap harinya. Perlu diperhatikan kebiasaan berpakaian orang Jepang. Umumnya mereka konservatif. Yang super heboh cuma ada di sepanjang Harajuku aja. Kalo kita berpakaian kelewat seru, mata mereka terganggu dan mereka tu bisa loh seragam melototin kita karena gaya outfit kita. Kecuali anda orangnya sangat cuek dan super pede ya silakan aja. Kalo saya milih tetep gayak dan bebas mo ngapa-ngapain aja tanpa perlu ‘dijudge’ 😉

Warna-warna natural banyak dipilih oleh orang Jepang, meskipun stocking bisa warna-warni seru. Ya sebenernya jadi diri sendiri aja sih tapi tanpa perlu saltum hehe..

Perhatikan juga budaya mengganti sepatu dari luar dengan sandal ruangan. Jadi sepatu yang gak ribet memang lebih praktis daripada sepatu tali-tali misalnya.

Ukuran orang Jepang itu kecil-kecil, jika anda terpaksa membeli baju ukuran besar ya harus ke mall besar yang banyak pilihan ukurannya. Saya sendiri juga badannya kecil, jadi happy banget kalo ngubek-ngubek baju di jajaran pertokoan butik-butik lucu-lucu di Jepang hehe.

 

Singapore, Januari 2016

Kehamilan anak ke-3 ini, kami sekeluarga ke Singapore, dengan usia kehamilan 4 bulan, dan bulan Januari 2016. Sudah pasti cuaca/temperatur di Singapore gak beda jauh sama Jakarta. Jadi pake kostum yang sama dengan outfit di Jakarta jadi ga masalah.

Mo belanja baju pun di Singapore mudah banget. Karena semua brand di Jakarta ada semua di Singapore. H&M, Uniqlo, Bershka, Pull & Bear dll dst. Kecuali nyari brand local Singapore designer, ya harus googling dulu. Saya sendiri, malah jarang beli baju di Singapore. Males menuh-menuhin koper karena semua udah ada di Jakarta hehe..

Hong kong, Maret 2016

Kehamilan anak ke-3 juga kami sempatkan jalan-jalan ke Hong kong dan Shenzhen, selama seminggu, dengan usia kehamilan 6 bulan dan di bulan Maret 2016. Cuaca masih dingin abis winter sekitar 11 – 25 derajat celcius tiap harinya. Saya memakai tambahan daleman tank top, long sleeves/sweater tipis dan jaket. Juga tambahan legging pendek atau stocking yang tebal plus kaos kaki. Dan juga bawa sepatu cadangan ( berlaku juga untuk anak saya ). Payung, jas hujan, sarung tangan juga selalu ada di tas. Selain 1 set baju salin untuk anak saya yang selalu disiapkan setiap hari.

Sebenernya baju gak terlalu mahal di kota-kota tersebut. Hanya pilihan terbatas dan ukuran juga seadanya. Misal harus darurat baju basah semua, kami lebih dulu mencoba keringkan di toilet pake pengering tangan hehehe..

Shenzhen, Maret 2016

Maret lalu juga kami sempatkan ke Shenzhen, mengenalkan miniatur dunia ke Aikia di Window of the world. Saat itu di bulan Maret, temperatur sekitar 18-22 derajat celcius dan diperkirakan hujan. Yah mirip-mirip Lembang kali yah, jadi kami juga cuma pada pake jaket aja kesana. Karena wahana mainannya dikit, maka anak saya ga perlu ganti kostum juga. Selalu siapkan payung dan jas hujan aja.

 

 

And pardon my selfie ya, di blog yang ini memang niat mo posting #ootd lebih banyak hehehehe..

tokyo disneyland
Tokyo Disneyland & Tokyo Disneysea, September 2013. Temperatur masih anget-anget aja, jadi ga perlu pake jaket pun. Stripes adalah motif teraman buat saya hehehe
IMG_4024
Orchard Road, Januari 2016. Yekan kayak di Jakarta aja kan? Bawa sepatu juga cuma 1 aja, tanpa bawa cadangan, karena ya emang ketebak cuacanya kayak disini aja
IMG_3813
Tiong Bahru, Januari 2016. Buat bumil pake terusan-terusan begini bikin hemat tempat di koper 😉
IMG_3753
USS 2016. Pentingnya mempelajari wahana di tempat wisata ya antisipasi yang kayak gini. Basah-basahan di Jurassic Park. Jadi harus selalu bawa salin untuk si bocah
IMG_3765
Vivo city, January 2016. Kalaupun mau jalan sore/malam, Aikia hanya perlu pake long sleeve aja, tanpa jaket

 

The Peak Hong kong. Gak ujan sih, gak dingin sih, tapi foggy banget dan sangat berangin. Maka penting banget ngecek prakiraan cuaca sebelum jalan. Ini kami masih aman, hanya saya kelupaan syal untuk Aikia >_<

 

Hong kong disneyland, Maret 2016. Udah baca sih di website kalo hari itu ujan, dan hari itu jaket, celana dan sepatu Aikia basah keujanan pas maen di wahana Toy Storyland. Dan  saya kelupaan bawa salin celana panjang, jaket dan sepatu untuk dia. Jadi kelar keujanan kami ngeringin celana dia di hand dryer di toilet hehe. Ini juga kondisi sepatu saya dan suami juga basahhhh hahaha

 

Hong kong Disneyland, Maret 2016. Saya suka banget sama baju2 ibu hamil dan menyusui dari matroishka.com bahannya ciamik punya sodara-sodarah hihi Matroishka two-tone dress yang saya pake ini bahan katunnya adem tapi ga bikin dingin. Tinggal nambahin stocking-syal motif houndstooth plus gantungin kamera aja udah kayak turis kan

 

Hyatt Grand Palace Shenzhen, Maret 2016. Ga kelewat dingin, tapi masih butuh jaket juga kadang-kadang

 

Victoria Harbour Hong kong, Maret 2016. Foggy tapi gak dingin. Jadi cukup pake jaket selembar juga. Daleman saya dobel-dobel tu, ada tank top, long sleeve dan short legging plus kaos kaki hihihi

 

Window of the world, Shenzhen, Maret 2016. Dingin dan agin tapi gak hujan dan gak banyak wahana yang basah-basahan

 

Window of the world, Shenzhen, Maret 2016. Kalopun dalemannya ga double, ya paling pake legging tebel aja

 

Sneaker’s street Mong kok, Hong kong, Maret 2016. Dinginnya se-Bandung karena orangnya banyak banget kali yah. Jadi Aikia hanya pake kaos dalem, tshirt plus sweater aja sama celana panjang

 

Ladies Market, Mong kok, Hong kong. Nah tu liat tu orang-orang juga cuma pake sweater or jaket tipis. Saya aja yang lebay perlu tambahan stocking tebel dan sweater tebel hehe

 

Blog selanjutnya, saya mau berbagi tentang Belanja… wuiii seru dan penting yow

3 pemikiran pada “Tips Jalan-jalan untuk ibu hamil [ 8/12 ] : Siapkan kostum yang menyenangkan

Tinggalkan Balasan

