Tips Jalan-jalan untuk Ibu Hamil [3/12] : Tentukan negara yang kondusif untuk ibu hamil dan pasangan/anak

Sebelumnya saya berbagi pengalaman untuk jalan-jalan bersama pasangan/keluarga

Blog ketiga kali ini tentang #TipsBumilJalanJalan yang mau saya share adalah :

 

3. Tentukan negara yang kondusif untuk ibu hamil dan pasangan/anak

 

Singapore, Hong kong ( dan Shenzhen-China ) dan Tokyo menjadi pilihan babymoon saya dan keluarga.

Dipilih karena :

  • Gak terlalu lama di pesawat ( disarankan cari airlines yang direct ke kota tujuan, yang ga pake transit, biar hemat waktu dan tenaganya bumil )
  • Sistem transportasi yang sudah mumpuni ( meskipun kadang di stasiun hanya ada huruf kanji doang hahaha )
  • Banyak tujuan wisata untuk anak, bumil dan pasangan ( karena interest yang berbeda, kadang saya jalan sendiri aja selagi suami dan anak ngubek-ngubek area toko mainan )
  • Makanan masih cocok di lidah ( kecuali anda harus mencari yang halal, maka mungkin makannya dimana lagi selain di McD )
  • Air putih yang mudah didapat ( banyak tersedia kran air minum. All you have to do just bring your tumbler )
  • Perbedaan waktu yang tidak terlalu lama, sehingga anak juga bisa menyesuaikan diri
  • Perbedaan temperatur yang tidak terlalu drastis. Kalo lagi summer, sama aja kayak Jakarta. Kalaupun spring, masih berasa di Bandung atau Lembang sih hehe. Kecuali pas winter ya harus banyak effort di kostum ( akan ditulis di blog terpisah tentang kostum )
  • Banyak area duduk di public space, meskipun kadang bareng juga sama para smoker
  • Kotanya lumayan bersih, jadi gak kawatir terjangkit penyakit asing. Terutama Singapore ya, no doubt lah untuk kebersihannya. Tokyo aja masih ada aja keliatan sampah. Dan untuk Hong kong, entah kenapa jadi terkesan jorok banget. Banyak sampah dan attitude orang-orangnya terlihat lebih sembarangan sih ( terakhir ke Hong kong 2009, lebih berasa bersih dan seger )

 

So, umumnya warga lokal dan peraturan setempat, banyak menganjurkan warganya untuk memprioritaskan ibu hamil, lansia, ibu dan anak kecil. Di kereta, bus ataupun restoran. Seperti saya tulis di blog sebelumnya,  warga Singapore dan Jepang sangat tanggap terhadap bumil. Mereka sigap memberikan prioritas untuk bumil. Di Jepang ada gantungan kunci “bumil” untuk dipasang di tas ( sayang saya kelupaan simpan fotonya ), jadi biarpun perutnya masih terlihat kecil kalo kita pake tanda itu saat di dalam kereta, akan mendapatkan tempat duduk prioritas. Kalo di Hong kong? waduh sikat sikut aja tabrak tubruk dah hahaha

 

Kalo bumil naik kereta, gak perlu khawatir karena selalu ada spot untuk memprioritaskan ibu hamil, lansia, disable dan ibu-anak. Kalo sampe ada orang muda yang nempatin, sodorin aja perut ke muka dia, pasti dia segera risih berdiri menyingkir hehe

 

 

Hong kong Space Museum. Suami saya gak doyan ke museum, saya suka banget. Jadi selalu ada hari yang saya jalan berdua anak saya doang atau suami saya jalan berdua anak doang..

 

 

Yang saya lakukan kalo lagi jalan sendirian, selain belanja hehe saya juga selalu suka foto-foto gedung, buat di posting di instagram hihi

 

 

Mie gak tau ni namanya apa. Dibeliin suami di Dongmen. Kwetiauw gitu pake bumbu asinan, enaakkknyoooo hehe. Nasi bisa jadi gak selalu mudah didapat, tapi mencoba kuliner lokal lainnya juga harus hati-hati untuk bumil. Ga bisa langsung banyak makannya. Dikit-dikit tapi sering

 

 

Ins Point. Setiap kemana pun pastik dijamin ada agenda ke kawasan mainan. Saat itulah saya melipir jalan sendiri selagi mereka berdua berasa di surga hahaha

 

Blog berikutnya adalah tentang Memilih hotel yang dekat dengan public transportation.

2 pemikiran pada “Tips Jalan-jalan untuk Ibu Hamil [3/12] : Tentukan negara yang kondusif untuk ibu hamil dan pasangan/anak

Tinggalkan Balasan

