Tips Jalan-jalan untuk Ibu Hamil [ 2/12 ] : Bepergianlah dengan pasangan/keluarga.

Sebelumnya saya berbagi cerita tentang Bepergian di trisemester kedua

Kali iniĀ pengalaman bepergian selagi hamil yang ingin saya share yang kedua adalah :

 

2. Bepergianlah dengan pasangan/keluarga.

Disini konteksnya adalah hindari bepergian dengan teman-teman se-geng atau keluarga besar ( ada kakek nenek, kakak, ipar, ponakan, sepupu dll ). Kecuali mereka hamil semua, hehe.

Bepergian bersama geng dan keluarga besar tu menyenangkan, tapi saya gak tahan dengan tunggu-tungguannya haha. Jadi memang mending ntar-ntar aja dulu bepergian dengan mereka, demi menghindari tabrakan jadwal dan kepentingan. Mungkin itenarary bisa aja sama tapi teknisnya, anda harus mengalami tunggu-tungguan yang membuang waktu DAN TENAGA.

Saya baru 2x mengalami family trip dengan lebih dari 3 keluarga. Yang pertama ke Tokyo bersama 5 keluarga. Yang kedua ke Singapore bersama 3 keluarga. Dan sampai saat ini saya belum berminat untuk mengulanginya šŸ˜„

 

Buat saya paling nyaman bepergian itu dengan pasangan ( karena waktu itu belum punya anak), lalu bepergian dengan anak ( dan akhirnya belum pernah jalan-jalan ga bawa anak-anak), atau kalo pun nambah ya ibu saya saja hehe. Karena banyak momen bonding selama perjalanan yang membuat saling mengerti satu sama lain. Meskipun bentuknya brantem-brantem kecil sama pasangan mendiskusikan hal-hal teknis sepele di pagi hari atau malam hari, tapi disitulah letak bondingnya hahaha. Dan itu semua yang buat saya manfaatnya terasa sampai sekarang.

 

Banyak penyesuaian saat jalan-jalan dengan ibu hamil.

Saya dan suami, tadinya sebelum ada anak, adalah pasangan yang terbiasa jalan-jalan dari pagi ( setelah sarapan ) sampe tengah malam baru pulang ke hotel. Dulu sih sebelum hamil hotel ga perlu bagus, yang penting murah dan bisa tidur.
Setelah hamil, sekarang yang penting hotel harus dekat akses transportasi umum dan dekat dengan area makan juga convenience store.
Jadwal jalan-jalan juga berubah. Yang dulunya baru balik hotel jam 12 malam, sekarang Ā balik ke hotel lagi di jam 7 malam, untuk istirahat.
Jadi yang dulunya saya adalah traveller yang ambi, saat hamil saya malah seneng banget menikmati dengan tenang waktu istirahat lebih cepat di hotel hanya nonton tv dan mainan foto saja. šŸ˜„

 

Bepergian bersama pasangan dan anak, lebih ringkas dan hemat waktu & tenaga

kalopun harus selfie juga masih muat kalo cuma bertiga hehe

 

Blog berikutnya tentang #TipsBumilJalanJalanĀ adalah

Tentukan negara yang kondusif untuk ibu hamil dan pasangan/anak

3 pemikiran pada “Tips Jalan-jalan untuk Ibu Hamil [ 2/12 ] : Bepergianlah dengan pasangan/keluarga.

Tinggalkan Balasan

