#Ehses40 : Be yourself. Don’t be normal

Si Jutek.

Jutek. Judes. Nyinyir. Galak. Mrs. Judgemental dll adalah label yang paling sering ditujukan untuk saya. Sejak dulu sampe hari ini. Banyak sekali yang merasa sakit hati sama saya. Mungkin banyak yang membenci saya juga. Yang tersisa sekarang hanya orang-orang yang bisa saling mengisi, mengerti dan menghargai dengan cara dewasa antar satu sama lain. Yang lainnya, memilih menghindar dan tidak berkontak dengan saya. Atau terus-menerus memberi label tsb apapun situasinya atau adanya perubahan yang sudah terjadi dalam diri saya. 

Dan itu biasa.
Gak terlalu kawatir dengan semua label itu. Karena jadi diri sendiri itu enak. Menolong orang, lebih menarik daripada menyenangkan banyak orang. Jika tidak bisa menolong pun, cukup tidak menyakiti. 

Latar belakang seseorang kita tidak pernah tau pasti. Mereka menjelma menjadi diri mereka sendiri yang sekarang pun bisa jadi tidak ada hubungannya dengan kita. 
Dan terlalu banyak menghabiskan waktu berusaha mencari tau kebaikan atau keburukan orang lain, malah bikin lupa akan jiwa kita sendiri dan akhirnya kelelahan. Kehabisan energi untuk menghakimi orang.


Berusahalah menjadi diri sendiri. Itu sudah cukup memberi perubahan besar. 
Banyak bersyukur. Ungkapkan doa setiap hari tanpa henti. Miliki iman, harapan dan kasih sayang untuk terus melangkah maju. Meskipun setiap orang memiliki keberuntungan dan cobaan masing-masing, simpan dalam ingatan, hal baik selalu muncul dari kesulitan-kesulitan yang kita alami bukan dari rongrongan orang lain. Ambil perubahan yang memang perlu. Anugrah dariNya adalah memiliki kemampuan memilih dan menentukan nasib. 

Be yourself. Never lie to yourself. I prefer to be happy and crazy than normal and bitter. 


Sekarang setelah melewati 4 dekade dengan label yang masih menempel, kadang cukup lakukan respon dengan tersenyum saja, tanpa alasan apapun. 

Screen Shot 2016-01-19 at 8.34.12 AM

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s