Tips for travelling with baby

Tips for Travelling with baby
Baru aja jalan-jalan ke Singapore & Legoland ni, 20-24 Sep 2014, bareng Papadip, Kakak Ai, Adek Alin dan Mbak Desi..

Beberapa tips untuk jalan2 bawa bayi dan kakak yang udah TK :

1. Pilih waktu bepergian saat bayi masih asi ekslusif ( usia <6bulan ) belum masuk tahap MPASI. Hal ini mempermudah hidup selama piknik keluarga karna ngASI bisa dilakukan DIMANA saja dan KAPAN saja dengan praktis dan ga rempong

2. Sebelum berangkat, pastikan pasangan anda sangat siap untuk diandalkan melakukan banyak hal :
+ online check in pesawat
+ mengurus si kakak
+ memesan taxi di bandara
+ check in / out hotel
+ paham rute MRT atau bus
+ tau tempat makan terdekat dan convenient store

3. Pisahkan koper bagasi dan kabin dimana masing-masing koper berisi lengkap kostum pakaian anda, pasangan anda, anak2 anda dan pengasuh anda. Jika terjadi hal yg tak diinginkan, misal koper hilang, masih ada pakaian termasuk popok pd koper kabin anda

4. Baby bag berisi : 3 diaper ( utk jkt – sing dan kondisi bayi bab normal ), 3 set baju salin, jaket, selimut tipis, topi, lap, handuk kecil, tisyu basah dan kering, teether dan minyak telon mini. Dan 1 baju salin si kakak

5. Siapkan juga mainan baru yang belum pernah dilihat bayi. Berguna saat di pesawat utk nge-distract dari hal2 yg bikin dia ga nyaman di dalam pesawat

6. Bawa buku kesehatan bayi ( dan si kakak ) dimana di dalamnya terdapat catatan kesehatannya. In case of emergency, buku tsb berguna jika kita terpaksa harus ke dokter anak di negara tujuan

7. Toilet pesawat ga semua ada changing tables, pastikan kostum bayi mudah dibuka jika harus ganti diaper.

8. Umumnya semua toilet di negara tujuan dilengkapi changing tables, pastikan selalu ada tisyu basah di dalam tas untuk membersihkan terlebih dahulu semuanya sebelum menggantikan popok / baju bayi

9. Untuk segala macam situasi, memberi ASI adalah jalan terbaik, untuk membuat bayi tenang tertidur, ibu tidak resah dan penumpang lain tidak terganggu jika di dalam pesawat

10. Saat jam makan, beri ASI bersamaan dengan si kakak makan, bergantianlah dengan pasangan anda

11. Atur itenerary yang tidak mengganggu jam tidur bayi dan si kakak. Kurang istirahat malah bikin ga fit, dan makin cranky besok paginya

12. Sadari saja bahwa jadwal belanja dan posting di socmed harus disesuaikan dengan waktu ngASI, waktu tidur bayi dan tempat tujuan wisata. Just say no pada titipan dan oleh2 😂

Selamat piknik 😍

IMG_0538.JPG

IMG_0979.JPG

IMG_0980.JPG

IMG_0982.JPG

IMG_0976.JPG

IMG_0978.JPG

IMG_0395.JPG

IMG_0449.JPG

IMG_0975-0.JPG

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s