Tips melahirkan ala gw

Udah siap dengan persalinan normal? Itu sakit loh. Hehe daripada cuma rungsing doang dan kebanyakan doa, gw punya tips-tips untuk nambah2 bumil2 yang menunggu kontraksi 😉
Semoga bermanfaat..

1. Pahami detail kegiatan / rundown.
Ow yes. Saya orang event banget ya. Segala sesuatu harus direncanakan dan kalo bisa ada “rundown”nya. Hehe
Apalahi karena seminggu sebelumnya gw udah diberi peringatan bahwa proses persalinan gw bisa aja induksi maka “rundown” yang harus gw pahami adalah :
– dicek CTG
– diinduksi ( pil dan infus, bisa 1-3x )
– nunggu mules, kontraksi dan periksa dalam yang gw benci itu
– pembukaan 1-10 yang pastinya disertai kontraksi hebat yang pastinya juga ga boleh mengejan.
– pembukaan lengkap dan mengejan ( bisa lebih dari 5x ngeden )
– Setelah bayi keluar, Inisiasi Menyusu Dini ( IMD ) sambil vagina dijait ngiiiillluuuu sama dokter
– rooming in / rawat gabung, artinya bayi sudah langsung bersama ibunya setelah lahir. So kondisi langsung menyusu sudah akan segera berlanjut mulai dari rooming in. Ga ada waktu lagi untuk istirahat tidur nyenyak karna selain udah harus nyusuin juga kedatengan tamu2.
– bayi begadang, kalo malem masih melek, pagi malah tidur sampe siang, karena belum bisa bedain siang malam
– pulang ke rumah, adaptasi dulu semuanya, penyesuaian tempat tidur, penyesuaian para asisten rumah tangga, dan penyesuaian yang lain, sekaligus ngajarin si kakak ke adek
– kedatangan tamu2
– ditinggal suami kerja

Kebayang kan keriaan “event” ini..

2. Olahraga
Demi kelancaran event itu, di umur gw yang 38taun ini, jelas butuh fisik oke untuk jabanin semuanya. Hanya 2 modal untuk bisa memperlancar itu semua : olahraga dan perbanyak wawasan!
Dari mulai nutrisi, sampe suasana kamar bersalin kalo perlu 😉

– di trisemester pertama mending udah rajin jalan kaki dan renang. Bisa ngurangin mual! Aselik!
Dan nantinya ini bisa jadi tabungan untuk stamina yang bugar saat persalinan tiba
– di trisemester kedua, jangan sampe absen jalan kaki, rutin renang, rutin yoga , rutin senam hamil.
– di trisemester ketiga, masih melakukan olahraga yang sama. Bedanya gerakan sudah fokus pada posisi persalinan, usaha dapetin posisi kepala bayi di panggul, pola nafas, teknik mengejan dan detail lainnya

Menjelang persalinan persering gerakan-gerakan yoga ini, gerakan yang fokus pada gravitasi biar kepala bayi mudah masuk panggul dan jalan keluar bayi :
– jalan kaki
– naik turun tangga
– berdiri tegak
– duduk sila, telapak kaki kiri bertemu telapak kaki kanan
– cat pose / child pose
– jongkok
– berdiri bersandar di tembok, putar pinggul ke kiri dan ke kanan. Geal geol gitu..


3. Nutrisi

Sayangnya gw ga banyak konsultasi masalah nutrisi ke ahli gizi. Semua berjalan seperti sebelum lahiran..
– banyak sayur
– banyak buah, yang dikonsumsi 30menit sebelum makan
– hindari makanan lemak, junk food, pabrikan, kalengan, pengawet, kemasan
– minum madu, makan korma
– air putih selalu always tidak pernah never untuk stand by.
Dan, karena gw kebanyakan ngidam di kehamilan kedua ini, yang ada di minggu ke 39 disuru diet, karena berat janin udah kegedean >_<

4. Tetap tenang
Ini kata guru yoga, apapun yang terjadi, saat menjelang dan selama persalinan, tetap tenang.
Ketenangan bisa didapat dengan pose duduk sila dan mengatur nafas.

Bahagiakan diri dengan cara apapun yang penting pikiran rileks. Jika pikiran rileks, jalan rahim akan ikut melunak dan mudah terbuka. Jika kita tegang, jalan rahim bolak balik nutup.

Gitu katanyaaaa…

5. Banyak doa dan ngobrol dengan bayi.
We’re talking about the power of magic. And it’s personal.
Intinya dalam doa selalu memohon padaNya untuk waktu yang paling tepat dalam bersalin, selain tentunya kelancaran dan hal normal lainnya.

Demikian juga ngobrol dengan bayi, katanya kepekaannya mampu membantu ibu lebih percaya diri dan lancar mengeluarkan si bayi untuk berpartner bekerja sama dengannya 😉

Semua hal itu ada di mindset kita. Percaya dan yakini saja.

6. Tidur yang cukup
Ini ajaib juga. Biasanya gw bisa pipis 5x selama tidur malam. 3 malam terakhir sebelum lahiran, malah tidur nyenyak betul.
Tidur jam 9-10 malem. Pipis cuma 2x, tanpa kontraksi, bangun jam 5 pagi.
Enak banget!
Tidur cukup ya penting laaa untuk simpan tenaga pas persalinan.

7. Pijat
Minta pada suami, untuk memijat pada bagian punggung bawah bagian tengah, menuju punggung atas. Ini diajarin sama guru yoga, yang katanya bisa merangsang kontraksi.
Di gw sih jadi ada reaksi di perut setiap kali Dipa mijitin area ini.
Kadang langsung kenceng perutnya dan kontraksi.

Pijat endorphin, macam pijat ASI untuk dapetin oksitosin dan endorphin, hormon kebahagiaan, kasih sayang dan kesenangan.

Pelukan sama suami.

8. Menambah tenaga
Makanan dijaga dengan mengkonsumsi karbo ( roti gandum / pasta / jagung / kentang, sereal, biskuit, puding susu ) dan mengurangi lemak.
Pisang dan apel, kalo gw nambahin buah favorit gw, kelengkeng.
Yoghurt kadar rendah lemak, manis tapi aman.

9. Tetap aktif selama kontraksi
Mules, ngilu dan rasa nyeri akibat kontraksi paling enak emang tidur. Tapi sebaiknya tetap aktif agar tubuh tetep rileks dengan posisi badan tetap tegak. Hal ini demi menjaga kebugaran untuk kelancaran persalinan bayi. Jalanin yoga jika perlu.

10. Minum teh raspberry
Setiap kali gw googling, ini teh pasti selalu hadir disebut-sebut sebagai teh yang bisa dipercaya bisa membantu memperlancar persalinan.
Gw sih yakin bisa bantu, mahal. Hahaha

11. Mematuhi instruksi dokter dan bidan
Saat berada di ruang bersalin, pasrah adalah sikap paling rileks. Dan menuruti instruksi dari para ahlinya ini adalah yang terbaik.
Bekal pelajaran saat senam hamil, bekal stamina bugar selama renang, jalan kaki, yoga dan senam, akan dipakai semua saat bersalin ini, bekerja sama dengan instruksi dari dokter, bidan dan perawat.

12. Ingetin suami untuk gerakan2 atau pernafasan2 saat kontraksi.
Gw sih pas lahiran pertama lupa semua. Trus suami jg ga gw share teknik itu. Repot yang ada.
Kali ini, gw ogah ngulang kebodohan itu haha gw juga yang rugi. Gw milih bersiap diri pas kontraksi2 itu menyerang terjang tiada henti menggempur ketahanan dan keyakinan diri!!! \m/ yeaaa!

Kurang lebih itu sharing bobodoan ala gw hihi..
Tetap tenang.
Rileks.
Gak perlu panik.
Sakit mah pasti.
Ngilu nyeri mah jangan khawatir lah hadir terus sampe kelar 😉

Gw sih mending nyiapin hal-hal yang bisa bikin tenang pas lahiran :
– lagu2 pilihan di ipod
– speaker bose yang harus enak diputer
– laki gw nyiapin kamera dan tripod
– rosario

Selamat berjuang!!!

20140405-184031.jpg

20140405-184040.jpg

20140405-184051.jpg

20140405-184100.jpg

20140405-184110.jpg

20140405-184122.jpg

20140405-184132.jpg

Satu pemikiran pada “Tips melahirkan ala gw

Tinggalkan Balasan

