#week40 : Kontraksi & Yoga

Dari kemaren siang udah kontraksi2 dengan interval 2jam sekali. Malemnya, mulai sejam sekali. Subuh, mulai 20menit sekali.

Trus jalan pagi, eh ilang lagi. Padahal udah mandi subuh2! Udah siap banget brangkuts ke RS.

Tapi sms dr. Ridwan, nunggu flek dulu aja baru ke RS.
Haduh kontraksi itu tricky yah, ini pengalaman pertama ngalamin proses kelahiran normal. Yep, kelahiran Ai tu induksi, dan gw suka induksi. Lebih well prepared gitu. Sadar dengan urutan : dimasukin obat-kontraksi-pembukaan-ngeden dst.

Ternyata kalo normal ya begini, banyak GR nya. Macam PHP lah proses lahiran normal ini..
Kirain cuma nyeri, taunya kontraksi.
Kirain kontraksi, taunya bukan.
Tadinya makin cepet intervalny, eh tau2 ilang.
PHP banget kan?
Hihi tapi ini karna gw kurang wawasan aja sih sama proses normal dan tata letak panggul-dinding rahim-vagina dll dsb itu..

Mati gaye di-PHP-in sama kontraksi, siang tadi mending yoga aja deh..
Dan malah dapet tips dari gurunya.

Kalo udah kontraksi bgini, inget2 utk fokus di gerakan yg menekan gravitasi :
1. Standing :
– berdiri tegak
– jalan kaki : melatih panggul dengan gerakan maju mundur
– naik tangga : melatih panggul dengan gerakan keatas kebawah
2. Kneeling : child pose
3. Duduk sila : melunakan dinding rahim. Sambil nonton TV duduknya sila yang telapak kaki saling ketemu gitu.
4. Jongkok berdiri beberapa kali. Gw sih sanggupnya 10x sekali excercise.

Tips lain :
1. Pijat bagian bawah punggung. Minta suami lakuin itu, gw nyobain sih langsung kontraksi yeee
2. Endorphin massage. Menghasilkan hormon oksitosin, minta tolong suami juga
3. Pelukan sama suami, sambil dia mijit punggung dari atas ke bawah
4. Duduk di atas bola besar, penyesuaian kepala bayi dalam panggul
5. Menghadap dinding, goyangkan pinggul. Sama itu juga penyesuaian kepala bayi di panggul

Saran dia sih, selama proses persalinan yang penting TENANG.
Jika ibu tenang, pernafasan akan baik dan dinding rahim selalu nurut untuk terbuka. Posisi terbaik adalah jongkok, memudahkan kepala bayi keluar karena panggul terbuka maksimal. Tapi kembali lagi, ikuti saja instruksi dokter.
Yang penting jangan terlentang aja, itu balikin lagi nutup jalan rahim.

Kurang lebih itu deh tadi tips dari guru yoga.
Patut dicoba yow..

20140329-204103.jpg

20140329-204113.jpg

20140329-204123.jpg

20140329-204134.jpg

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s