Keriaan di usia kehamilan >7bulan

Berbagi pengalaman sama bumil-bumil lain yang umurnya sama dengan gw, 38taun, tapi masih hamil.. ( wow harusnya gw temenan ni sama Kerry Washington dan Drew Barrymore hehe ).. Setelah melewati usia kehamilan 7 bulan, mulai deh fisik bereaksi yang gak-gak..

1. Ambeien.
Seumur-umur gw aja jarang flu, tipes or sakit apalah, eehh ujug-ujug dapet ambeien dong.
Penyebab :
Kejadian setelah libur natal-taun baru di rumah nyokap di Cimahi. Tiap hari makan enak. Tiap hari makan cookies2 dan kue2 natal. Daan kelupaan makan buah dan minum air putih. Cimahi kan dingin, jadi jarang haus. Dan wisata kuliner hampir dilakukan tiap hari ke Bandung – Cimahi.
Gejala :
– BAB nya susyeee banget. Biasanya rutin tiap hari jam 7 pagi, ini jadi ngacak.
– pas balik ke Jakarta, di mobil ga bisa duduk, ada yang ganjel di pantat. Pas diraba kok ada jendolan. Pas ngaca, YAAAAMPPPUUNNN jendolannya 2 biji segede kelingking! Matik!
Solusi :
– browsing tentang bisul dan ambeien
– sms dr. Ridwan,tanya jawab yang berakhir dengan kesimpulan, itu ambeien.
– ke KMC diperiksa dr. Ridwan, katanya mau dimasukin lagi ke lubang anus tapi gagal, dan sooooakittnyaaa mangstab!!!! Kampret!
– dikasi obat tablet dan salep. Harusnya ada obat yang dimasukin anus, tapi gw ga bisa’an untuk obat yang model begitu..

Jadi ambeien itu adalah kelenjar yang ada di ujung anus. Tiap orang punya. Tinggal bakat-bakatan aja. Karena BAB keras, kelenjar itu ikutan keluar. Dan bukan penyakit keturunan.  Sayangnya, gw ngecek, mak gw rajin ambeien dan kakak laki-laki gw pernah operasi ambeien.
Ambeien ada 4 stages. Stadium 1-4. Gw udah di stadium 3 dong. Siyal!
So, jagaaaa makanan tuh bumil-bumil. Jangan disepelekan..

 

2. Sakit kepala mendadak
Penyebab : aselik gak tauk
Gejala : ujug-ujug mendadak tiba-tiba menyerang kepala aja, tiap pagi untuk 3-4 hari
Solusi :
– browsing obat yang boleh untuk bumil, ternyata cuma boleh Panadol biru.
– sms dr. Ridwan, disarankan minum Panadol biru dulu juga. Setelah 5hari masih sakit kepala, baru dateng ke dia

So, setelah ditelaah dan ditelisik, kayaknya mah kurang istirahat. Masih banyak kerjaan numpuk waktu itu. Jadi yang ada, mulai oper-oper kerjaan, nolak-nolak order dan persering totok wajah ke Dian Kenanga hahaha.
Sedih sih karena nolak order.. Tapi ntar juga dicari ada lagi laaa… Amin!

 

3. Flu
Kampret lah. Secara selama idup jarang sakit. Even flu demam! Eehh malah dateng pas lagi hamil. Bencinya setengah mati gw sama flu.
Penyebab:
yaa virus itu. Dan daya tahan bumil yang tidak sehebat orang biasa, lebih rentan penyakit. Apalagi umur uzur cuy… Betek lah.¬†Plus di rumah juga lagi renovasi taman. Debu ya ga brenti selama berhari-hari.¬†Plus Ai ikut ketularan. Jadi virus pingpong hadir diantara kita deh.

Gejala :
РHarus batuk tiada henti. Sampe pipis, kadang. Kalo batuk langsung gw minum air putih anget banyak. Yang ada pipis makin sering. Celana dalem ganti muluk. Pastinya tiap malem, ke toilet 30menit sekali. Tidur jadi kurang deh. 
РPilek ga ijo-ijo. Haha maksudnya masih bening-bening yang meluncur sendiri dari idung tu. Harusnya cuma 1 hari, ini extend, 3hari! baru keluar deh itu si ijo-ijo.. KZL.

Solusi :
Рsms dr. Ridwan, lebih ke ngeluh sih. Tau kok flu itu virus siklus yang ntar sembuh sendiri, ga ada obatnya, tapi akik membencinya setengah matik! Haha dari dia ya sarannya banyakin istirahat, jaga makanan. Standard kan? So yang gw lakukan : 
– hanya minum air anget yang banyak dikasi lemon ( resiko pipis muluk, ya stralaaa )
– pagi masih rutin minum jeruk perasan
– siang, jeruk nipis anget + madu
– sore, wedang jahe
– malem : 3 lembar daun jeruk + 6 cengkeh, diseduh air panas
– buah ga brenti dari pagi sampe malem. Hindari semangka dan melon dulu, karna mencegah makan semangka/melon yang dikarbit alias disuntik biar cepet mateng, cepet dijual, padahal belum masak di pohon tu..
Dan ternyata, biasanya sembuh 3-4 hari, ini baru 3minggu sembuh ;(

 

4. Keputihan
Eeeaa, lagi2 seumur hidup jarang banget keputihan, eeh ini rajin dateng pas hamil tua.Whywhywhywhywhy???

Penyebab :
– jamur, bakteri, virus
– celana dalam basah

Gejala :
– ada cairan bening atau putih atau kehijauan di celana dalam

Solusi :
– periksa ke dr. Ridwan, dicek di lab ternyata infeksi jamur, dikasi obat lagi-lagi yang dimasukin ke anus. Akik belum pake sampe sekarang udah 2 minggu sejak diperiksa huhu
– jaga kebersihan vagina, ganti celana dalam sering-sering
– abis pipis, bersihinnya dari atas ke dalem, bukan sebaliknya
– abis pipis, disiramnya pake air dingin, kalo air anget jamurnya betah. Gw baru inget gw lebih sering mandi air anget sebelumnya, sekarang selalu air dingin. Lumi selama 2 minggu setelah diperiksa dr. Ridwan ga pernah keputihan lagi
– minum air putih diperbanyak, biar sehat

5. Pinggang, bawah perut makin nyeri, leher panas dan kaki bengkak
Penyebab :
Standard laaa googling aja penyebabnya, kelebihan berat badan kan akibat hamil makin gede. Untuk leher panas, gw gak ngerti ah, makan apapun tetep panas. Padahal makanan gw cuman buah-buahan, bukan junk food, jarang pedes / asin, air putih dan jus doang. Ya masih aja tu leher panas.. 

Gejala :
Semuanya salah tingkah tak keruan.
Mo tidur lurus. Miring kiri. Kanan. Semuanya sesek nafas dan tetep nyeri. 

Solusi :
Banyakin jalan kaki. Renang. Senam hamil. Yoga. Lebih bugar dan segar semuanya. Persering pernafasan dada dan perut untuk perut nyeri. Caranya? hirup udara banyak lewat hidung, buang lewat mulut. 

Oke itu dia so far yang gw alami di hamil tua umur tua ini..
Semoga bisa berguna buat sejenis sayah hihihi..

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s