Hamil tua di umur tua : tips asal biar bisa hamil

Usia kehamilan : 37 minggu

Hiii… Gw yang bukan religius ini takut banget sama satu hal, takut sama Yang Di Atas.
Selama ini cuma seenaknya aja pake semua fasilitas idup dan bersyukur ya hanya doa di malam hari tok. Seharian sih sibuk sama ngeluh-ngeluh, protes ini itu ke suami, ga setuju ini itu sama tim, bete-bete sama Ai, kesel sama para asisten di rumah.

Padahal sedang diberi anugrah super hebat lho, kehamilan anak kedua.

Yang selalu dan always, akan ditentang semua orang jika : gw mengeluh sakit fisik!
Ya gimana ya, hamil di usia 38, not as easy as pas hamil Ai di umur 33. Saat hamil Ai tu semua fit, ready, well prepared banget. Siap lahir batin, jarang sakit-sakit.

Ini hamil tua di umur tua. Semua jadi dobel sakit fisiknya..
Pinggang lebih mudah nyeri. Kepala lebih mudah sakit mendadak. Batuk pilek lebih lama sembuhnya. Kaki mudah bengkak. Kerja gampang ngos-ngosan sampe harus nolak order2. Trus pake ada ambeyen lagi. Duuuh. Belum pernah seumur idup ambeyen.

Tapi sekali saja gw mengeluh tentang sakit fisik itu, jawaban yang di dapat adalah :
“Sabar, ikhlas, senyum.. beruntung dikasih hamil. Banyak ibu-ibu susah hamil”
Waduh.
Oke deh. Dilarang ngeluh then sesakit apapun fisiknya.

Padahal kalo mo dibahas itu ibu-ibu sudah menyiapkan semuanya belum?
Umurnya pada berapa taun sih? Kalo masih 20taun, santay aja. Bentar lagi disetrum juga tekdung..

Yang diatas 30taun…
Masih ngerokok ga? Males olahraga ga? Air putih kurang gak? Masih suka ngopi / alkohol? Konsumsi buah sayurnya kurang ga? Makan buahnya setelah makan? Masih makan buah berlemak yang nyimpen lendir ga? Sering makan steak dan lemak? Indomie gimana, sering? Makanan instan yang penuh dg food additivesnya sering dikonsumsi juga? Masih minum teh botol/buavita/jus kotakan? Coffeemix 3 in 1? Dan makanan pabrikan / kalengan / kemasan / botolan ? Trus pasangannya gimana pola makan dan lifestylenya? Finance masih berantakan? Kondisi materi lainnya? Dll dsb dst…..

Naahhhh kalo semua jawabannya : iya, masih sering makan itu semua dan jarang update diri dengan tren nutrisi, yaaaa masasik masih juga salah gw kalo ga bisa hamil? Badannya disiapin dulu, baru berisik kemana2 kalo pengen hamil.

Gw hamil diluar rencana. Saat itu gw sedang terapi jus. Karena kekurusan, jadi dg terapi jus sedang ‘dibenerin’ semuanya. Jus nya enak untuk pagi siang sore. Secara gw juga jaga makanan, ternyata kondisi badan gw sangat kondusif menerima serbuan sperma. Plus laki gw juga ga ngerokok, ga minum. Jadi mudah tekdunglah biar umur udah uzur.

Trus ada lagi, 3 temen gw, lagi happy banget jadi yang katanya hipster di ibukota ini. Selalu hadir di semua acara Run 5K, 10K dll.. Dan 3-3 nya hamil dalam waktu berdekatan. Itu ya karna fisik lagi kondusif dan lifestyle lagi oke.

Itu sih saran gw ke para ibu-ibu yang ingin hamil.
Diemin aja kalo ada ibu hamil ngeluh kesakitan fisik.
We are at the different box, dahlen…

Saran lain, hamil lah di usia 25-30taun.
Saat kromosom masih kece. Fisik masih seger. Rasa kepo tentang dunia parenting, ASI, nutrisi juga masih tinggi. Nyari uang masih semangat.

Gw juga bukannya nyesel sih. Karena di umur itu hidup gw berasa fabulous banget. Lagi sibuk kerja, sibuk party, sibuk bandel, dengan materi berlimpah, sendirian, bisa beli apapun.
Tapi itu semua bisa diulang laaa after ada anak. Dengan batasan tertentu pastinya.

Itu dia tips asal untuk yang mau hamil…

Sabar. Ikhlas dan Senyum.

20140304-211531.jpg

20140304-211542.jpg

20140304-211556.jpg

20140304-211613.jpg

Tinggalkan Balasan

