01.02.2014 : mitoni hamil ke – 2

 

 

Udah genap usia kehamilan 27 minggu, 7bulan. Secara kita orang Jawa yah, jadi diadakanlah syukuran kecil-kecilan untuk kelancaran persalinan dan kesehatan ibu dan anak nanti.

Kecil-kecilan, karena ini hanya bikin acara doa bersama sambil nambahin tumpeng dan jenang. Beda banget sama pas mitoni Ai, wuih heboh itu mah

https://www.facebook.com/sessa.xuanthi/media_set?set=a.148932684471.111759.784939471&type=3

Tapi memang yang begini yang diinginkan, sederhana aja, yang penting doanya demi kelancaran persalinan dan kesehatan ibu anak aja. Amin. Maklum yah sini kan umur udah 38 taun hihihi..

Dan mitoni ini adalah ritual orang Jawa, tapi karena saya warga Katolik maka doa bersama dilakukan dengan cara Katolik. Jadilah kemaren itu mitoni Jawa Katolik hehe..20140204-142707.jpg

 

Ini adalah sajen. Tumpengan ini ritual jawa, 1 tumpeng besar yang dikelilingin 7 tumpeng kecil-kecil dan berbagai pernak pernik syarat lainnya.

Tumpeng besar itu disebut Tumpeng Mergono, mergo ono, bahasa jawa yang artinya kurang lebih ‘karna ada’, yang bisa diartikan kehamilan ini ada akibat buah cinta dari orangtuanya dan campur tanganNya

7 tumpeng kecil-kecil disebut Sapto Nugroho, 7 anugrah, artinya kurang lebih banyak dikaruniai gitu kali yak, gw juga lupa haha

5 sego golong, 5 gulungan nasi, simbol dari paket tak terpisahkan : tali pusat – darah – plasenta – rahim – jabang bayi itu sendiri

Lauk pauk dan buah-buahan artinya simbol kesehatan dan kebugaran untuk anak

Telur puyuh tu harusnya telur kura-kura sih hehe, simbol kekuatan, kebajikan dan kebijaksanaan dari kura-kura

Ada juga rujak, simbol dari kesegaran dan keaktifan antusias kehidupan.

Kue-kue manis lambang manisnya kehidupan.

Ada juga clorot, biar mudah mlorot pas lahiran sesuai jalan lahirnya. amiiinnn

20140204-142721.jpg

20140204-142736.jpg

 

by the way, 15menit menjelang acara dimulai, Ai ternyata makanin ujung-ujungnya tumpeng kecil-kecil. hihi ya strala ga ada waktu juga untuk benerin..

20140204-142800.jpg

20140204-142812.jpg

20140204-142833.jpg

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s