Ai & Aku : keluarga yang bisa diandalkan..

Hanya Bugung, ibuku yang selalu jadi orang kedua yang selalu gw update untuk momen penting apapun.

Hal baik dan hal buruk.

Termasuk kejadian itu.
Baru juga dia bilang “halo” ditelfon, gw cuma bisa nangis nyesel berlama-lama..

Dia sabar bujuk gw, nenangin gw, dan bertanya kejadiannya.
Hanya satu sarannya, banyak doa dan jangan lupa Novena Tiga Salam Maria..

Saat itu kebetulan sedang ada kakak laki-laki ku yang tinggal di Jepang sejak 1987 dan seorang profesor teknik kimia. Segala pemikirannya udah Jepang banget, dia selalu rasional dan logis untuk diskusi apapun.

Termasuk kasus yang ini..

So far kesimpulan dan saran dari dia, biangnya ada di gadget.
Betapa dia melihat Ai dengan gadget sangat faseh dan cepat ( yep internet di rumah gw tu 6megabit cuma dipake gw kerja sama Ai youtube-an dan nonton Apple TV tok).
Dan menurut dia, fenomena ipad ke orang tua dan anak-anak, belum ada penelitian ilmiahnya karena memang baru 2-3tahun ini terjadi.

Menurut dia, kecepatan merespon output dari gadget, lebih agresif ke Ai dan lebih lambat direspon oleh orangtuanya. Antisipasi ga ada dan semua serba telat..

Dia juga melihat, gw dan Dipa sebaiknya melakukan perbaikan untuk ‘perilaku gadget’ kami :

– tidak pegang/mengecek HP/iphone/ipad waktu “berkomunikasi” dg anak.
– membagi waktu “rada tegas” untuk anak/keluarga dan kerja.

Dia juga cerita, di Jepang juga sekarang sudah ada larangan dari dokter: supaya tidak pegang HP waktu menyusui anak dsb. Bahkan dia berani merombak jam kerja orang Jepang untuk stafnya yang sudah berkeluarga, untuk pulang sebelum jam 6 sore, agar segera berkumpul dengan keluarganya.

Gw manggut-manggut aja mencerna analisanya..

20131109-235935.jpg

Satu pemikiran pada “Ai & Aku : keluarga yang bisa diandalkan..

Tinggalkan Balasan

