Ai & Aku : keluarga yang bisa diandalkan

Kemudian kakakku nomer 2 juga menelefon memberi support.

Dia punya anak cewek kelas 1 SMP yang sejak lahir sampai dengan 6SD adalah anak penuh prestasi super membanggakan.

Tapi saat anaknya masuk SMP dan masuk masa puber, dia juga punya pe-er besar saat ini.

Saran dari dia:
Paham dulu, anak itu hanya mencontoh. Dan anak umur 3-4 taun belum ngerti konsep-konsep, dimarahin dan dinasihatin.

Dia hanya mendengar intonasi!
Dia ga tau konten dari komentar ibunya. Buat dia kalo ibunya menasihati, itu terdengar bising aja buat dia.

Bicaralah halus dan menyenangkan seperti guru TK.
Berprilakulah rapi dan tidak kasar.
Rajin ucapkan terima kasih dan tolong.
Banyak senyum dan tenang menghadapi semuanya.
Maka dia juga akan menyontek gaya itu.

Semuanya terdengar klise buat saya.
Sayangnya, gw udah jarang ngelakuin semuanya. Gw lebih milih langsung galak, bicara ceplas ceplos, nada tinggi dan emosian.
Lalu betul, dia meniru semuanya..

Menurut dia :
Mengasuh anak itu proses yg sangat panjang dan lama. Jadi jangan cepat ambil kesimpulan bahwa kita itu gagal, itu hanya proses dlm mencocokan metode yg kita yakini buat anak. Kan anak juga pribadi yg lepas dr kita, pasti dia punya sifat2 dasar juga yang beda dengan kita. Cara berfikir anak juga gak sama dengan kita.
Kita maksudnya baik tapi memandangnya berbeda. Jadi kalo bertentangan gak sesuai mau kita itu karna belum nemu kecocokan aja.

Jadi jangan pernah menyerah atau patah semangat….kuncinya ya kita orang tua harus lebih cerdas dari anak. Dan pakai hati…

Jangan lupa selalu perhatiin prilaku kita, intonasi, mimik muka, gesture dan ikhlas lah 😉

20131110-001716.jpg

 

20131110-001735.jpg

 

20131111-113215.jpg

Iklan

Satu pemikiran pada “Ai & Aku : keluarga yang bisa diandalkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s