[ event ] #Ariah, jadi arsitek ga perlu bangun rumah ;)

Kalo mau tau review tentang pertunjukan #Ariah, googling aja ya..

Tentang konsep cerita yang oke,
performers super hebat ( krna harus nyanyi sambil nari di kemiringan sekian derajat ),
stage gigantism,
musik yg ciamik,
sound system kece,
lighting yg fantastis,
crowd yang wangi,
gimmick2 seru dll dsb
itu semua akan banyak sekali pihak yang mengulas.

Secara ya tim PR #ariah ( dan matah ati ) ini emang tjang tjing punya deh . Gak mungkin #ariah yg diorder langsung oleh pak jokowi ini ga di halaman depan surat kabar penting ibukota đŸ˜‰

Gw ngedongeng eh bahas yang gw ‘kayaknya’ paham aja..

( seolah ada VO bersuara berat )
Lulusan jurusan arsitektur? Tapi ragu jadi arsitek? Kamu bisa nyontek jejak Jay Soebiyakto..
( backsound lagu ondel-ondel )
Yaah jejak gw kl mo dicontek juga boleh, ga terkenal macam mas jay, tp bisa idup cukup laa jadi orang EO
( backsound kwak kwaww )

Kuliah 4-5taun di jurusan arsitektur trisakti, jadi tukang bikin maket 5taun, jadi drafter dan arsitek 5taunan, lumayan lah jadi bekal untuk jadi orang event.

Banyak mata kuliah yang gw pelajarin bisa diterapin di sebuah event.
So far yang paling sering gw pake, prinsip desain yang kondang banget pas gw kuliah, yaitu kalo bikin bangunan jangan lupa konsep EBH ( Environment Building Human ).

Sebuah tempat acara, konten di dalamnya, pengisi acara, tempat menonton, sampe dengan toilet dan ruang ibu-anak, semua harus didesain sesuai dengan kepentingan pemilik acara, kebutuhan pengunjung yang disesuaikan dengan bajet.

Mirip abis sama kerjaan arsitek

Environment.
Kalo bikin rumah itu semacam dan sesimple merhatiin arah lintas matahari. Misal utk desain pintu baiknya menghadap ke timur saat matahari terbit.
Sama.
Di event, hal yang menentukan bentukan layout sampai dengan panggung bergantung dari dimana venue acara akan digelar. Dimulai dari akses pengunjung menuju lokasi acara, lokasi parkir, akses menuju pintu masuk, luasan tempat acara yg disesuaikan dengan jumlah tamu, posisi stage, letak booth-booth pendukung acara, posisi toilet dan area emergency ( tenda kesehatan, mobil ambulance, pemadam kebakaran sampai dengan mobil petugas keamanan ).
Plus jangan lupakan faktor-faktor eksternal di lokasi, misal venue-nya #Ariah di Monas, perlu bener diperhatiin lokasi parkir, pintu masuk dan cara ke main entrance. Juga ‘biaya-biaya tak terduga’ karna Monas bukan lokasi komersil yang jelas garis koordinasi pemiliknya yaa..
Jadi penting abis deh untuk know your site.

Building.
Kalo bikin rumah ini untuk menentukan tampilan fasade, bukaan, bertingkat dll.
Sama.
Kalo di event, ini menentukan tampilan tempat acara secara berkesinambungan. Menerjemahkan visi misi acara. Ambiance mo dibangun kayak apa. Dekor dan teknis produksi deh kurleb aplikasinya.
Misal di Ariah, komposisi panggung yang simetris di kiri kanan menjulangnya Monas, area lesehan, area penonton VIP, signage, konstruksi ridging untuk sistem tata lampu, sistem suara yg terukur, pilihan dan tampilan tenda booth pendukung. Dan teknis lainnya. Yang merepresentasikan visi misi acara.
Jadi penting abis deh know your product.

Human.
Kalo bikin rumah, jumlah penghuni dan kebiasaan menjadi penentu utk organisasi ruang di dalam rumah. Nentuin jumlah kamar, kebutuhan ruangan apa aja, based on keperluan penghuninya. Biar nyaman dan betah ditinggalin. Jangan sampe rumah dibangun based on mau-maunya arsitek.
Sama.
Di event, tamu pengunjung/audience adalah raja! Juga para klien adalah raja.
Harus paham kebutuhan klien dan Harus ngulik + ngolah kesukaan para tamu demi kenyamanan sepanjang mereka mengikuti acara. Biar tepat sasaran dalam milih konsep acara. Misal target penonton Ariah ini beragam, dari rakyat – alay – hipster ( eeaa ) – pejabat – sosialita. So, pemilahan akses pintu dan area duduk jadi dipisah. Penonton VIP dikasi treat lebih, misal dapet bukunya Ariah. Untuk nguatin konsep pesta rakyat, area lesehan disiapkan senyaman mungkin, penonton bisa selonjoran, nyaman duduk anteng nonton panggung bagus yang mandi lampu terus itu. Padahal gratis loh. Itu salah satu contoh aja ya..
Yang jelas makin kesini, makin banyak acara yang makin personal. Seolah tau kesukaan masing-masing tamu deh.
Jadi penting banget utk know your client’s aims and know your audience.

Detail2 acara #ariah, follow aja @matah_ati

Btw, #Ariah tu gw sih suka dg tarian, musik, panggung, lighting, sound, multimedianya..
Fantastis! Dasyat! Luarbiasa! Salut! Bravo!
Semua itu patut diberikan untuk semua yang terlibat di #Ariah..

Tapi karna juga nonton matah ati di Solo, ariah jauh dari ‘experience’ yg magis dan kehangatan performer dan antar penonton..

But, still Ariah adalah salah satu karya terbaik anak bangsa dan gw bangga bisa nonton ( Cuma nonton aja udah bangga gw )

*.. Udah ah, kepanjangan. Baru juga blog ke 2 tentang [ event ] ni hihi.. Ga paham juga gw juklak jadi event blogger begini. Enjoy aja deh prosesnya..*

Semoga berkenan di hatimu dan hatiku

20130629-204558.jpg

20130629-204624.jpg

20130629-204721.jpg
Path nya mas @willypriyoko menjelang #Ariah.. Tim PR yang setia meng-update temen-temen di pathnya dari mulai ngonsep sampai acara selesai.. Keren mas willy!

 

20130629-204909.jpgdari area parkir menuju main entrance, naik kereta2an. Foto dulu dong bareng genk random dan genk guru2 Cikal. Photo by @sarajeyn

20130629-204929.jpgsalah satu gimmick di area entrance. Photowall.. Model : @sitanursanti

20130629-204944.jpg Area pintu masuk

 

Foto-foto lainnya, di posting terpisah aah..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s