[ aikia ] Aikia 22 bulan – kerupuk

Aikia 22 bulan.. 

22bln
Masih soal makanan yang tanpa gula garam. Duh yaaa, ga gampang aslik deh mempertahankan prinsip makanan tanpa gula garam sampai Ai umur 2 taun. Jebol pas kita liburan ke Bali, pas Ai umur 1,5taun. Udah makan tempe dan ayam yang dikonsumsi juga sama orang dewasa. Jadi ya stralah, yang penting sayurnya, menu main course-nya masih direbus tanpa gula garam..

Dan pas 11 Oktober 2011, di umurnya yang ke 22 bulan, Ai mulai ngicipin kerupuk!! 
Mejik! Sarapan ludes secepat larinya dia. 
Akhirnya, makan siang, makan malam, besoknya terus menerus harus ada kerupuk ATAU bawang goreng..
Si nanny makin jumawa, merasa udah boleh ngasih kerupuk, then makanan Ai ketutup sama potongan kerupuk mulu… hhhhhh!

Akhirnya antara bete karna menyerah sama kerupuk dan pengen ngurangin kerupuk, 
pencerahan datang seperti biasa dari milisnya Pak Wied Harry, Gizi_BayiBalita@yahoogroups.com
Kripik_bayam
Ini dia kutipannya :

Secara bertahap, kurangi kebiasaannya setiap kali makan ada kriuk-kriuknya. Supaya si kecil tetap enjoy makan -kalau suatu kali- terpaksa tanpa kriuk-kriuk.

Kerupuk beli jadi (mentah/goreng) rawan mengandung food additives sintetis, termasuk yang tidak untuk makanan. Kerupuk goreng yang sekarang banyak dijajakan di warung tak sedikit yang sudah menggunakan campuran pemutih (untuk kerupuk putih) dan boraks (supaya tidak mudah layu).

Kriuk-kriuknya coba buat sendiri yang lebih bergizi, misalnya keripik bayam, keripik kenikir, dll dengan lapisan tepung tipis saja. 

” <yuli@…> wrote:
>> Pagii Pak Wied, mohon pencerahannya
>> Anak saya 23bln sdh 2 minggu ini susah makan awalnya memang krn ada tumbuh, sempet bbrp hari laliu demam 2 hari..setalah itu mau makan tp kl pake kerupuk 😦 sangat menyukai yg kriuk2 smp buntut ekor ikan goreng pun seneng bgt. >> Sebelum demam msh mau buah spt alpukat, pisang, mangga >> Krn khawatir kekurangan zat besi, sy beri supplemen zat besi “ferriz”. >> Oiya, anak saya msh ASI, selingan susu UHT 
>> Mohon saran n nasihatnya pak, apa yg hrs saya lakukan . Terima kasih.
>> Salam, > Yuli

Siang itu juga, si nanny udah langsung nyobain bikin kripik bayam.
Cari bayam yang berdaun lebar + tepung tipis, goreng pake minyak baru. Selesai

Dan Ai suka!
yeay
Langsung deh bapaknya ngetwit ke @ID_ayahASI..
RT dan reply terjadi dan malah dapet tambahan menu lainnya : keripik kabocha, keju atau jagung!
hihiyyy!

cobain ah.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s