[ aikia ] 110611 Ai tepat 1,5taun

3127165400306201135811306658298380Img00921-20110603-1608270520113516
Dscf2406Dscf2440Dscf2450Dscf2467Dscf2453Img00965-20110612-1539

BANGGA!

well yeah.. 1,5 tahun sudah umurnya si bocah lucu ini. Dan masih ASI tentunya!

Sering, sering banget orang masih nanya, emang ASI nya gak basi mbak? 

wayaah elo pikir Yang DiAtas bikin yoghurt di payudara gw?

plis deh, read a lot, browse a lot, join some mailing-lists, follow the reputable twitter account and discuss it with some experts..

CATAT! commercial breaks, so not the source of information.. Itu cuma bahasa marketing moms, eyang, dads.. Temen-temen di advertising agency dibayar super mahal untuk bikin kreatif yang sanggup membuat kita beli produk dengan penuh cinta..

 

Banyak hal pembelajaran yang didapet selama 1,5 tahun jadi ibu ASI. Yang pasti satu hal super inget ga mungkin lepas deh.

Di dunia ibu ASI, tidak ada yang instan madame…

Semua B-E-R-P-R-O-S-E-S…

 

Dari kapan? Ya dari mulai kontraksi deh.. Mo ngeluarin si bocah aja, butuh sekian jam sampe dia keluar..

IMD? Butuh sejam nungguin dia merangkak di perut, tangannya menggapai2, mukul2 dada sampe menuju putting. See, tujuannya dia ke puting dapetin kolostrum.. tapi tetep pake proses, bukan segampang si bayi di gendong perawat trus mukanya langsung dideketin ke puting trus di foto sebagai bukti, Bukan neiiikk.. Pindah RS aja kalo model begitu IMD nya..

ASI? Ga langsung keluar moncer. Hari pertama mah cuma secuiiilll yang keluar. Dan baru tau aja dari dokter konselor laktasi, kalo usus bayi juga baru segede kelereng. So ga perlu ASI banyak-banyak, APALAGI susu formula sebotol, bok..

MPASI? Hahay, baru tau aja ginjal cuma cucok sama yang alami. Makanya anak ASI jarang sembelit. Ginjal dan ASI tu pasangan klop! Organ cerna ga perlu memproses zat-zat adiktif, pemanis buatan, zat perasa yang ada di susu formula. Kandungan nutrisi ASI semua alami, jadi ya lancar aja dia bekerja maksimal di dalam tubuh bayi. Setelah boleh makan di usia 6bln, ginjal maunya juga sama yang alami, jadi kita juga ga kenalin deh promina, SUN, nestle dan makanan bubur bayi berbagai rasa itu. Sampai sekarang, semua makanan masih alami dan organik. Plus bonus satu lagi, masih tanpa gula garam. Detail tentang makan Ai ada di postingan yang lain ya moms

 Tapi bukannya tanpa kendala juga ya jadi mak-mak ASI. So far total jenderal drama-drama yang pernah kita berdua alami adalah :

         Mastitis 2x, payudara mendadak bengkak sooakkittnya sintiiiing! Yang pertama, karena telat ngeluarin ASI, jadi udah 3 jam tapi belom ditetekin juga. Yang ada langsung, menggigil kedinginan, trus panaaas, trus bengggggkak. Penyembuhan : kompres air panas gantian dengan air dingin ( airnya pake botol asi ), trus dipijit-pijit minta bantuan suami tersayang, mayan deh bonus sayang-sayangan hahah

         Mastitis yang ke-1, pake nanah dong.. Sakitnya? Beeuh, 2x lipet dari yang pertama. Kali ini menyerah, mending ke KMC, ketemu doker laktasi. Disarankan, bagian nanahnya ditusuk pake jarum steril ( jarum yang diuapkan ), keluarin nanahnya, lap pake air anget. Trus lanjutin tata cara kompres air dingin-air panas dan pemijatan

         Ai diare 2x. Yang pertama, abis family trip ke Garut. Virus menyebar di udara dingin, 4 hari kemudian bikin Ai muntah-diare.. Penyembuhan? Bukan obat juga ya, hanya pake Rhenalyt saja. Napsu makan berkurang? Pastinya.. dalam tubuh lagi proses penyembuhan, belum bisa nyerap makanan juga. Jadi kasih jus buah sebanyak-banyaknya. Intinya jangan sampe dehidrasi aja. Dan teteb nonstop Asi. Yang kedua, ga jelas sebabnya apa dimana deh. Tau-tau muntah diare ajah..

         Batuk pertama kali dapet di hari pertama ultah ke-1 nya. Penyembuhan? Bukan pake obat juga. Perbanyak cairan ( ASI, air putih, jus buah, jus sayur), biar batuk nya mengencer dan mudah keluar.

         Batuk ke-2, ini hebat ni. Udah 3 hari ga brenti-brenti ditambah bunyi ngik-ngik. Waktu itu kita lagi di Cimahi. Sms-sms an sm dsa nya, disarankan di-inhalasi aja kalo pada khawatir. Karena lagi ada di rumah ibu, jadi eyang tersayang udah super brisik nyuruh ke dokter minta obat. Pasrahlah kita bawa ke RS Hermina, Pasteur. Hahay betul saja, dokter dengan tenang memberi resep obat batuk. Dan susah diajak diskusi. Menurut beliau, kalo batuk ya kasih obat. Titik! Jyaaahaaa.. otomatis black list sajalah RS Hermina ini dalam agenda keluarga kami. Tapi untuk inhalasinya, kami tetao jalani dengan drama-drama jejeritan yang memilukannnnnnn

         Batuk ke-3, ga tau dari mana asalnya virus, ujug-ujug weeh batuk..

 Yaah namanya anak ASI bukan anak super kebal juga moms.. biar makanan udah super alami dan organik, biar udah ga pernah pake MSG, biar udah ga pernah makan makanan instan/pabrikan/kalengan/botolan, tetep weeh masi ada celah untuk sakit..

Jadi mak-mak ASI, asli super repot rempongggg

Jadi mak-mak ASI, asli praktisnya minta ampun! Not to mention about the hygiene things

Jadi mak-mak ASI, dompet aman cing.. Paling banyak duit keluar gede pas beli breastpump Midela doang, 1 juta, itupun akhirnya ga kepake juga setelah tau lebih efektif perah ASI pake tangan.. *manyun*

Jadi mak-mak ASI, cuma butuh 4 bulan untuk bisa pake HI-heels kesayangan! Hahay

 

Sekarang udah enak, sibocah udah 1,5taun, udah disekolahin juga. Kita lagi seru-serunya ngajarin dia ngomong, ngenalin mainan-mainan, bersosialisasi.

Oya cerita saya pasti berbeda dengan cerita ibu-ibu lainnya. Status saya, ibu rumah tangga yang dipecat di hari pertama setelah cuti melahirkan, dan saya akhirnya punya bisnis sendiri sama sahabat-sahabat saya. Jadi waktu saya memang terbagi 2, mengurus Ai dan pekerjaan. Keuntungannya ya Ai mo minta ASI kapan aja, saya selalu ada. Kekurangannya, ya saya kekurangan waktu untuk bekerja hahaha…

Selamat 1,5 taun Aikia!

Ibu sayang kamu!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s