[ ASI ] Resep Makan Ai – dari umur 12 bulan sd 18 bulan

No Gul-Gar

Sejak umur 12 bulan sampai 18 bulan, Ai makan masih tanpa gula garam. 

Sesuai anjuran dari Pak Wied Harry Apriadji, rasa asin dan manis masih bisa diambil dari sumber makanan lain. Fungsi gula dan garam pun tidak terlalu hebat untuk batita, malah menambah kerja organ cerna ( ginjal dll ). 

Ai bukannya sama sekali ga kena gula atau garam, toh kalo ibu bapaknya makan di meja makan, dia akan ikutan ngembat tempe goreng ( yang sudah dibumbui ). Dan gak pernah nolak disuapin cuilan ikan atau ayam goreng + sayur yang sudah dibumbui..

Dia juga sudah konsumsi roti isi coklat / keju, yang pastinya pabrik bikinnya juga ada garem gulanya..

Tapi di semua menu makan Ai yang sengaja dibikin, kami ga pernah sengaja nambahin gula atau garem..

Konon katanya, yaa mitos gitu deh, jika kita bisa tahan ga kasih gula garam sampai 2 tahun, walhasil anak tidak suka jajan snack mengandung MSG dan yang sering dijual di supermarket atau warung itu.. Mudah-mudahan yaaa

 

Menu jus buah atau jus sayur atau buah potong

Selalu diberikan 1/2 jam SEBELUM makan, atau setiap kali dia bangun tidur. Lagi-lagi kebalikan dari yang udah-udah kan? Dulu umumnya buah dipake buat pencuci mulut, betul sekali! tapi fungsinya cuma kepake di mulut, sampe ke organ cerna buah-buahan itu malah ga maksimal kerjanya.. sibuk kali ye ginjal dll yg sedang delivery main course kita.. 

So, demi maksimalnya manfaat dari buah, better dimakan sebelum main course.. ya toh?

 

 

MENU DARI BANGUN SAMPAI TIDUR

 

07.00 Bangun tidur :

½ gelas Air Jeruk manis campur air anget atau

1 gelas Jus melon / Jus semangka

 

07.30 Sarapan

So far cuma 2 macam menu yang setiap hari dimakan, yep S-E-T-I-A-P  H-A-R-I

Menu 1 : Nasi + Sayur bening : 

Potongan kecil2 sayur ijo ( kangkung, bayam, brokoli, polong dll ) + parutan wortel + tempe/tahu + daging / ayam / udang / ikan + daun bawang seledri + bawang2an ( bawang bombay + bawang merah + bawang putih )

Sebelum disajikan ditambahin EVOO ( extra virgin olive oil )

Menu 2 : Nasi dadar tekuk

Nasi putih ditaro di campuran telor dadar yang disajikan dengan cara ditekuk.. 

Campuran telor dadar yang penting ada sayur + bawangnya ( potongan sayur ijo + parutan wortel + potongan daging/ayam/udang + bawang bombay + bawang merah + bawang putih ). Minyak goreng dipake yang masih baru layauw

 

10.30 Setelah bangun pagi

1 gelas Jus buah ( buah naga + pepaya, pear + jeruk, mangga + melon, pisang + plain yoghurt, pepaya + jeruk, semangka + jeruk, melon jingga + yoghurt dll dsb )

 

11.30 Makan siang

Lihat aneka menu makan siang Ai

 

16.00 Setelah bangun dari tidur siang

1 gelas jus sayur ( timun + kembang kol / brokoli + wortel ) 

Atau

1 gelas jus buah ( alpukat + perasan air kelapa parut, pisang + mangga + plain yoghurt, dll dsb umumnya lebih dari 2 buah-buahan )

Atau

1 mangkuk kudapan sore ( makaroni rebus + wortel + parutan keju, mie organik + parutan wortel, havermut + pisang, ubi ungu / singkong / kentang rebus + parutan wortel dll dsb )

 

17.30 Makan malam

Menu sama dengan makan siang, yang dibuat baru ya, bukan diangetin

ANOTHER TIPS AND TRICKS

+ ASI? ya jalan terus dong, tanpa SUSU FORMULA. Kapan pun dia mau ASI, selalu siap tersedia dimana saja kapan saja. Jaga ASI biar tetap maksimal dg makan makanan yang bergizi laa, standar deh. Gak konsumsi makan instan / pabrikan / botolan. Ga makan MSG, kecuali di luar rumah, ya sudahlah kalo itu mah..

+ UHT? kadang Ai mau, kadang cuek..

+ di Resto? usahakan minum jus yang ga dikasi gula dan airnya juga anget. Rata-rata pada ngeyel tu waitress nya, tapi bilang baek-baek deh ga usa pada sotoy sama anak gw

+ Makan pas jalan2? bekel dari rumah. Menu : telur orak arik, campurannya sama aja. Ada potongan sayuran + wortel + ayam/ikan + bawang2an. Simpen di termos cup. Ntar di jalan cuma beli Nasi anget aja.. beres!

+ Sampe 2 kali makan gimana? ya pesen sop bening tanpa gul-gar ke koki nya

 

Oke deh, kurang lebih seperti itu menu makannya Ai.. Semoga bisa memberi inspirasi..

 

Makan_blepotanMakan_ritual_setiap_pagiMinum_di_resto

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s